ANALISA DAN DESAIN KONTEN INSTAGRAM YANG MENARIK DAN BERDAMPAK POSITIF PADA INTERAKSI PENGGUNA

ANALYZE AND DESIGN INTERESTING INSTAGRAM CONTENT AND HAVE A POSITIVE IMPACT ON USER INTERACTION

Penulis

  • Sri Mulyani Universitas Stikubank
  • Purwatiningtyas Purwatiningtyas Universitas Stikubank
  • Yunus Anis Universitas Stikubank

DOI:

https://doi.org/10.36341/rabit.v9i2.4687

Kata Kunci:

analisa, desain, konten, Instagram, Design Thinking

Abstrak

Sebagai salah satu platform media sosial terpopuler saat ini, Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan. Ini adalah peluang besar bagi pengguna untuk berinteraksi satu sama lain, berbagi konten, dan membangun hubungan baik. Namun untuk mencapai hal tersebut diperlukan strategi yang tepat untuk membuat konten yang menarik sesuai minat pengguna. Sejalan dengan tujuan penelitian ini, untuk memperoleh konten menarik yang berdampak positif terhadap interaksi pengguna, peneliti menggunakan metode Design Thinking yang melibatkan pengguna dan pemangku kepentingan di akun Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan memasukkan tiga desain konten yang memberikan wawasan terbaik dari lebih dari enam puluh desain konten Instagram yang diposting pada akun pada periode 5 Juni hingga 6 September 2023 pada akun studi Graphic Multimedia Engineering Technology (TRMG) @trmg_unisbank yang digunakan sebagai Sebuah Objek. Dari analisa dan desain konten Instagram berhasil meraih 20.275 follower dengan 80 akun dan 20.195 akun non-follower. Artinya, desain konten yang menarik dapat memberikan dampak positif terhadap keterlibatan pengguna. Konten ini dibangun dengan mengeksplorasi target audiens, memahami minat pengguna, menggunakan gambar dan desain, menyertakan caption yang menarik dan hashtag yang relevan, serta menyampaikan informasi yang bermanfaat (edukasi).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-08

Cara Mengutip

[1]
S. Mulyani, P. Purwatiningtyas, dan Y. Anis, “ANALISA DAN DESAIN KONTEN INSTAGRAM YANG MENARIK DAN BERDAMPAK POSITIF PADA INTERAKSI PENGGUNA: ANALYZE AND DESIGN INTERESTING INSTAGRAM CONTENT AND HAVE A POSITIVE IMPACT ON USER INTERACTION”, rabit, vol. 9, no. 2, hlm. 191–200, Jul 2024.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama