MOBILE GAME EDUKASI PAUD SEBAGAI MEDIA PENGENALAN DENGAN TEKNIK SPEECH RECOGNITION

  • Nurjayadi Nurjayadi STMIK Amik Riau
  • Indah Mukhlis Tamara STMIK Amik Riau
  • M. Khairul Anam STMIK Amik Riau http://orcid.org/0000-0003-4295-450X
  • Muhammad Bambang Firdaus Universitas Mulawarman
  • Hamdani Hamdani STMIK Amik Riau

Abstract

Pembelajar anak usia dini lebih suka belajar melalui bermain. Namun, ketika Covid-19 menyebar, proses belajar mengajar sangat dibatasi. Akibatnya anak kecil lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain daripada belajar, dan mereka disibukkan dengan ponsel atau smartphone mereka, terlepas dari teman mereka, yang membuat mereka malas untuk belajar. Pendidikan usia dini anak memiliki enam tujuan: norma agama dan moral, pengembangan keterampilan fisik dan motorik, pengembangan kognitif, pengembangan sosial-emosional, pengembangan bahasa, dan pengembangan artistik. Belajar sambil bermain adalah cara yang bagus untuk menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran di masa pandemi ini. Membuat belajar lebih mudah bagi anak-anak melalui Android dan teknik Speech Recognition (perintah suara) membuat belajar menjadi menyenangkan bagi anak-anak! Dalam metode waterfall, kerja suatu sistem dilakukan secara berurutan atau linier. Dengan bantuan aplikasi game edukasi ini, anak-anak akan belajar bagaimana berkomunikasi dan memperluas wawasan mereka ketika belajar atau menjawab pertanyaan di kemudian hari. Berbagai materi akan disajikan dalam game ini untuk membantu mengenalkan siswa pada huruf arab, angka, dan hijaiyyah. Ini adalah alat yang sangat baik untuk dimiliki oleh orang tua atau guru PAUD.

Author Biographies

Nurjayadi Nurjayadi, STMIK Amik Riau

Teknik Informatika

Indah Mukhlis Tamara, STMIK Amik Riau

Teknik Informatika

M. Khairul Anam, STMIK Amik Riau

Teknologi Informasi

References

F. Masrurah, “301 301,” vol. 8, no. 2, pp. 301–331, 2014.

L. Lathifah, “Penerapan Enterprise Architecture pada Penerimaan Mahasiswa Baru menggunakan TOGAF di Universitas X Palembang,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 647–655, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i3.565.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, pp. 26–31, 2018.

N. Dengen, H. S. Pakpahan, G. F. Putra, M. B. Firdaus, R. Wardhana, and A. Tejawati, “An Augmented Reality Model Physical Transformation Learning,” ICEEIE 2019 - Int. Conf. Electr. Electron. Inf. Eng. Emerg. Innov. Technol. Sustain. Futur., pp. 255–259, 2019, doi: 10.1109/ICEEIE47180.2019.8981444.

Ekawati & Elihami, “Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Edukasi Nonform., vol. 1, no. 2, p. 16, 2020.

F. Fujiati, F. Nasari, S. L. Rahayu, and A. Sanjaya, “Educational Game as a Learning Media Using DGBL and Forward Chaining Methods,” 2018 6th Int. Conf. Cyber IT Serv. Manag. CITSM 2018, no. Citsm, pp. 1–4, 2019, doi: 10.1109/CITSM.2018.8674316.

A. Tejawati, E. K. Pradana, M. B. Firdaus, F. Suandi, L. Lathifah, and M. K. Anam, “Pengembangan Video Dokumenter ‘Wanita Dan Informatika’ Di Lingkungan Fkti Universitas Mulawarman,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 2, p. 72, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i2.121.

O. Dönmez and Y. Akbulut, “Modelling teachers’ acceptance of children’s internet use: A risk-focused inquiry,” Soc. Sci. J., vol. 56, no. 4, pp. 518–529, 2019, doi: 10.1016/j.soscij.2018.08.014.

M. K. Anam, “Analisis Respons Netizen Terhadap Berita Politik Di Media Online,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 14–21, 2017, doi: 10.35329/jiik.v3i1.62.

H. Alhumaidan, K. P. Y. Lo, and A. Selby, “Co-designing with children a collaborative augmented reality book based on a primary school textbook,” Int. J. Child-Computer Interact., vol. 15, pp. 24–36, 2018, doi: 10.1016/j.ijcci.2017.11.005.

A. Tejawati, M. B. Saputra, M. B. Firdaus, S. Fadli, F. Suandi, and M. K. Anam, “Media Promosi Penangkaran Rusa Sambar (Rusa Unicolor) Sebagai Ekowisata Di Penajam Paser Utara Berbasis Virtual Reality,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 2, p. 52, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i2.118.

M. B. Firdaus, E. Budiman, M. F. Anshori, J. Teknologi, and U. Mulawarman, “Evaluasi Skema Panduan Game Berbasis Motion Graphic Animation Pada Esports Bergenre Multiplayer Online Battle Arena,” JURTI Univ. Mulawarman, vol. 4, no. 1, p. 36, 2020.

A. Zamsuri, F. Suandi, and R. Novendra, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Multimedia : Studi Kasus Videografi,” J. Intra Tech, vol. 3, no. 2, pp. 54–59, 2019.

M. B. Firdaus, E. Budiman, joan angelina Widians, novel maringan Sinaga, S. Fadli, and F. Alameka, “Augmented Reality for Office and Basic Programming Laboratory Peripheral,” 2018 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 41–45, 2018.

A. Tejawati, H. Aulia, M. B. Firdaus, F. Suandi, L. Lathifah, and M. K. Anam, “Pemanfaatan Video Dan Animasi Dengan Karakter Hela Pada Pandangan Umum Terhadap Anak Pengidap Autistik,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 2, p. 62, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i2.120.

Khairunizam, Danuri, and & Jaroji, “Aplikasi Pemutar Musik Menggunakan Speech Recognition,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 2, no. 2, p. 97, 2017, doi: 10.35314/isi.v2i2.196.

M. B. Firdaus, “Pengembangan Alat Ukur Keterbukaan Informasi Publik pada Situs Web Pemerintah Studi Kasus Kabupaten Kutai Kartanegara,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 7–13, 2017.

L. Lathifah, S. Suaidah, M. B. F, M. K. Anam, and F. Suandi, “Pemodelan Enterprise Architecture Menggunakan Togaf Pada Universitas X Palembang,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 7, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.865.

M. B. Firdaus, E. Budiman, Haviluddin, M. Wati, H. J. Setyadi, and H. S. Pakpahan, “An openness of government website content using text analysis method,” Int. J. Eng. Adv. Technol., vol. 8, no. 5, pp. 1461–1466, 2019, doi: 10.35940/ijeat.E1214.0585C19.

N. Puspitasari, M. B. Firdaus, C. A. Haris, and H. J. Setyadi, “An application of the UTAUT model for analysis of adoption of integrated license service information system,” Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 57–65, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.099.

L. Lathifah and S. Winiarti, “Sistem Pakar Dengan Inferensi Fuzzy Tsukamoto Dalam Mendiagnosa Penyakit Saluran Reproduksi Manusia,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 2, pp. 150–159, 2021.

M. B. Firdaus, N. Puspitasari, E. Budiman, J. A. Widians, and N. Bayti, “Analysis of the effect of quality mulawarman university language center websites on user satisfaction using the webqual 4.0 method,” Proc. ICAITI 2019 - 2nd Int. Conf. Appl. Inf. Technol. Innov. Explor. Futur. Technol. Appl. Inf. Technol. Innov., pp. 126–132, 2019, doi: 10.1109/ICAITI48442.2019.8982143.

M. K. Anam and H. Ulayya, “Implementasi dan Analisa SARDrive Sebagai Media Penyimpanan Cloud,” JUITA J. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 83–90, 2020, doi: 10.30595/juita.v8i1.5748.

A. A. R. P. W. A, M. H. Maulana, C. D. Andini, F. Nadziroh, and K. Semen, “SISTEM PEMINJAMAN RUANGAN ONLINE ( SPRO ) DENGAN METODE UML ( UNFIELD MODELING LANGUAGE ) Abstrak The process of borrowing a room is done manually , which is Akademi Komunitas Semen,” vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2018.

M. K. Anam, A. R. Putra, S. Fadli, M. B. Firdaus, F. Suandi, and Lathifah, “Audit Teknologi Informasi Pada Sistem Pekreditan Online Terpadu Bank XYZ Cabang Perawang Menggunakan ITIL V3,” MISI (Jurnal Manaj. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 90–99, 2020.

Published
2022-07-10
How to Cite
[1]
N. Nurjayadi, I. Tamara, M. K. Anam, M. Firdaus, and H. Hamdani, “MOBILE GAME EDUKASI PAUD SEBAGAI MEDIA PENGENALAN DENGAN TEKNIK SPEECH RECOGNITION”, rabit, vol. 7, no. 2, pp. 101-108, Jul. 2022.
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 149
downloads: 93