Perancangan Game Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Adat Melayu Riau
DOI:
https://doi.org/10.36341/rabit.v5i1.963Kata Kunci:
adat melayu riau, multimedia, androidAbstrak
Sulitnya mendapatkan pengetahuan tentang adat lokal khususnya adat melayu Riau ini membuat beberapa orang disekitar belum banyak mengetahui dan masih menerapkan pembelajaran dengan menggunakan buku yang masih kurang terdata dan terlalu monoton. Karena adat melayu terdapat pembahasan yang memerlukan penjelasan mengenai teknik yang digunakan dalam pembelajaran dan pengenalan adat melayu Riau. Riau memiliki banyak kebudayaan, tradisi, dan adat istiadat yang tidak banyak diketahui oleh generasi muda atau masyarakat pada umumnya. Adat dan tradisi yang dipercaya turun temurun dan merupakan identitas suatu daerah harus dijaga dan dilestarikan oleh para generasi muda. Salah satunya adalah adat melayu Riau. Adat dan tradisi tersebut perlu dipublikasikan kepada khalayak masyarakat melalui multimedia salah satunya berbasis Android. Masalah yang didapat kurangnya pengetahuan tentang adat melayu Riau dikalangan masyarakat.dengan adanya aplikasi berbasis android ini nantinya diharapkan dapat melestarikan adat melayu Riau lebih dicintai lagi oleh masyarakat.Ruanglingkup penelitian ini sebatas Makanan khas, pakaian adat, pariwisata Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptive, dengan menggunakan metode survey lapangan dan wawancara dengan sumber langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan adat melayu Riau supaya tidak punah dan bisa dinikmati oleh generasi-generasi berikutnya.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Hak cipta dari semua manuskrip jurnal dipegang oleh RABIT: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab.
2. Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA), yang berarti bahwa RABIT: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab berhak untuk menyimpan, mentransfer media / format, mengelola dalam bentuk basis data, memelihara, dan menerbitkan artikel.
3. Naskah yang diterbitkan baik cetak maupun elektronik adalah akses terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain itu, dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum hak cipta.