BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KISAH SAHABAT NABI DENGAN PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY

  • Pratama Benny Herlandy Pendidikan Informatika Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rhoma doni Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Riau
  • Harun Mukhtar Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Pada awal tahun 2014, sebuah survey penggunaan smartphone dan tablet oleh anak-anak telah dilakukan oleh theAsianParent Insight bersama Samsung Kidstime di Asia Tenggara. Sebanyak 2.714 orang tua beserta 3.917 orang anak berusia 3-8 tahun telah menjadi responden survey ini. 85% orang tua mengharapkan anaknya untuk menggunakan smartphone untuk aplikasi pendidikan, namun 72% anak usia dini lebih memilih bermain game. Metode NFT merupakan penggabungan dari beberapa metode seperti SIFT dan Ferns yang terdapat pada SDK Vuforia SDK untuk mengembangkan aplikasi dengan teknologi augmented reality. Dengan menerapan teknologi augmented reality pada buku cerita bergambar ini, diharapkan buku dapat menigkatkan kualitas pendidikan. Dari hasil pengujian Black Box, aplikasi ARBook ini dapat menjalankan setiap fungsi-fungsinya dengan baik.

Keywords: Pendidikan, Augmented Reality, NFT, SIFT, Ferns, Buku Cerita Bergambar
Published
2018-01-19
How to Cite
[1]
P. Herlandy, R. doni, and H. Mukhtar, “BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KISAH SAHABAT NABI DENGAN PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY”, rabit, vol. 3, no. 1, pp. 22-28, Jan. 2018.
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 864
downloads: 739