MEMPREDIKSI TINGKAT PEMINAT EKSTRAKURIKULER PADA SISWA SMK ANALISIS KESEHATAN ABDURRAB MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS: SMK ANALIS KESEHATAN ABDURRAB)

STUDI KASUS: SMK ANALIS KESEHATAN ABDURRAB

  • Luluk Elvitaria Universitas Abdurrab

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler adalah sebuah kegiatan tambahan di sekolah, yang di mana melalui kegiatan ini, siswa dapat menambah atau menggali keterampilan siswa-siswi dalam upaya pembinaan diri. Salah satu dari kegiatan ekstrakurikuler adalah ekstrakurikuler bahasa asing, meliputi 5 bahasa yaitu Arab, Inggris, Jerman, Mandarin, Jepang. Dalam mengetahui ketertarikan siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler, maka dilakukan penelitian mengenai tingkat peminat kegiatan ekstrakurikuler yaitu bahasa asing pada siswa SMK Analis Kesehatan Abdurrab. Dalam memprediksi tingkat peminat bahasa asing dengan proses data mining menggunakan metode Algoritma C45. Algoritma C45 merupakan kelompok dari Algoritma Decision Tree. Dari penelitian ini, pihak sekolah dapat mengetahui sejauh mana tingkat peminat bahasa asing pada siswa-siswi dan sekolah dapat meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler serta siswa-siswi dapat mengembangkan minatnya terhadap bahasa asing sesuai keinginannya.

 

Keywords: Kegiatan ekstrakurikuler, siswa-siswi, siswa-siswi, algoritma C4.5, decision tree
Published
2017-08-07
How to Cite
[1]
L. Elvitaria, “MEMPREDIKSI TINGKAT PEMINAT EKSTRAKURIKULER PADA SISWA SMK ANALISIS KESEHATAN ABDURRAB MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS: SMK ANALIS KESEHATAN ABDURRAB)”, rabit, vol. 2, no. 2, pp. 110-124, Aug. 2017.
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 467
downloads: 365

Most read articles by the same author(s)